Thursday, February 19, 2015

Tips #CitizenJournalist #NET10: Penggunaan Tanda Baca dalam Penulisan Naskah Berita

@Nursing_Post: Netizen, menulis naskah untuk televisi berbeda dengan menulis naskah untuk media cetak maupun online lho! Kita harus memperhatikan beberapa hal teknis seperti penggunaan huruf kapital, jeda antar kalimat, dan juga pengejaan kata-kata. Hal ini untuk memudahkan presenter membacakan berita. 


Selain itu kita harus menulis seluruh naskah dalma huruf kapital. Hal ini untuk memudahkan presenter dalam membaca, juga menghindari kesalahan penyebutan. 


Upayakan juga tidak ada anak kalimat dalam naskah supaya disampaikan dalam satu tarikan nafas. Sementara untuk tanda baca titik dan koma, kita menggunakan tanda garis miring sebagai penggantinya. Sedang untuk titik menggunakan dua tanda garis miring (//), dan tiga garis miring (///) untuk akhir naskah. 


Hal ini untuk menghindari kesalahan tanda baca yang tidak terlihat. Untuk kata-kata yang disingkat, penulisannya menggunakan tanda strip (-). Hal ini untuk menghindari kesalahan pengejaan. Seperti T-N-I yang dibaca T-N-I bukan TNI (Teni).

Nah ternyata tidak sulit bukan untuk menulis naskah berita televisi. Jangan ragu untuk mulai menulis dan kirim tulisan berita video kamu ke NETCJ.CO.ID. (sumber: NETmedia)

No comments:

Post a Comment

Thanks for reading this blog!