Tuesday, October 6, 2015

Infection Control is a Must!


@Nursing_Post | Keseharian perawat di bangsal-bangsal perawat tak terlepas dari berbagai macam tindakan keperawatan. Dari mulai yang bersifat non invasif hingga invasif. Semuanya mempunyai resiko penularan penyakit, infeksi silang, baik untuk perawat itu sendiri, tenaga kesehatan lain, maupun untuk pasien itu sendiri.
Pengendalian infeksi (infection control) menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Perawat harus benar-benar memahami arti penting pengendalian infeksi. Sejak pertama kali seorang perawat berada bangsal perawatan, maka perawat harus sudah yakin bahwa dirinya tidak membawa potensi infeksi dari luar bangsal.
Cuci tangan merupakan hal mendasar yang harus selalu diingat. Cuci tangan menjadi langkah paling ringan untuk dilakukan. Tak perlu lama melakukannya, tak sampai satu menit bahkan.

Cuci tangan (hand washing) harusnya menjadi budaya bagi para perawat dan tenaga kesehatan lainnya. Ingat kan dengan 5 moments? Saya yakin semua sudah hafal dengan 5 moments of hand hygiene.
Coba lihat gambar diatas, nampak sekali kedua perawat menjaga sekali dirinya dalam melakukan tindakan keperawatan. Alat-alat dekat dekat dengannya. APD dipakai (menyesuaikan kondisi pasien), sharp container pun siap disamping, hand sanitizer dan sarung tangan siap pula. Simak pula, ada alas yang diletakkan dibawah area tangan yang akan dilakukan tindakan pemasangan infus. Kereen!!!
Be safe for ourselves, our patients and our colleagues! Safety is your own responsibility!
Qatar, 12 Agustus 2015

No comments:

Post a Comment

Thanks for reading this blog!