Thursday, February 19, 2015

Tips #CitizenJournalist #NET10: Human Interest

@Nursing_Post: Netizen, setelah mengetahui pentingnya nilai berita dalam sebuah liputan, kini redaksi akan membahas lebih spesifik nilai berita Human Interest. 

Human interest adalah berita yang bisa menyentuh perasaan dan membuat simpati. 


Nah beberapa unsur yang ada dalam liputan human interest antara lain SUSPENSE, yaitu peristiwa yang bisa membuat penonton tegang. Contohnya adalah detik-detik saat PDIP menggelar konferensi pers untuk mengumumkan calon presiden yang akan diusungnya pada pemilu 2014. 


Selanjutnya adalah KONFLIK. Dalam cakupan yang lebih luas, tidak semua konflik berarti negatif. Ada juga konflik yang punya arti positif. Contohnya tentang polo lumpur antar siswa di Jember, Jatim. Puluhan anak dari berbagai sekolah antusias mengikuti pertandingan polo lumpur. 

Berikutnya kemajuan atau PROGRESS. Contohnya ada dalam liputan mahasiswa Indonesia yang berhasil membuat robot, yang bisa bermain sepakbola dan menari bali. 


Terakhir adalah SIMPATI. Unsur simpati sangat lekat dengan nilai berita human interest. Salah satunya tentang penyandang tuna netra yang tetap mengikuti ujian nasional meski harus ditemani pendamping. Ia tak patah semangat dengan segala kekurangannya. 

Nah sekarang netizen sudah mengerti kan apa saja liputan yang punya berita human interest. Jadi tunggu apalagi, segera rekam peristiwa di sekitar anda dan unggah videonya ke cj.netmedia.co.id (Sumber: NETmedia)

No comments:

Post a Comment

Thanks for reading this blog!