Monday, February 9, 2015

Tips #CitizenJournalist #NET10: Tips Kamera & Membuat Wawancara Yang Baik

@Nursing_Post | Tulisan berikut masih membahas tips menjadi citizen journalist handal ala NET10. Gambar sangat penting dan berpengaruh dalam informasi yang ditayangkan televisi, termasuk citizen journalism TV. 

Nah! Pengambilan gambar juga ada cara tersendiri lho, agar bisa dinikmati penonton. Salah satunya yaitu komposisi dalam wawancara. 

Ada banyak jenis komposisi, seperti Full Shot, Medium Shot, Medium Close Up, Close Up serta Extreme Close Up. Nah, agar tidak bingung, saat ini kita akan membahas medium close up. Ya, karena ini saat yang paling aman digunakan saat wawancara. 

Kesalahan yang sering dilakukan dalam komposisi wawancara antara lain terlalu banyak ruang diatas kepala. Kesalahan berikutnya terlalu sedikit ruang, bahkan memotong bagian kepala. Kemudian mata narasumber yang menatap ke kamera. 





Idealnya komposisi wawancara yaitu ruang diatas kepala harus dijaga, tidak terpotong tapi juga tidak terlalu longgar. Posisi kamerapun lebih baik sejajar dengan mata narasumber. 

Kemudian posisi narasumber sebaiknya berada di sisi kanan atau sisi kiri. Nah, jika narasumber di sisi kiri, berarti mata menatap ke arah kanan. Begitu pula sebaliknya, jika berada disisi kanan, maka mata narasumber menatap ke sisi kiri. 

Nah netizen, sekarang ayo angkat kamera, lalu dapatkan gambar ideal untuk karya terbaik kalian. Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment

Thanks for reading this blog!