Thursday, February 5, 2015

Yuk Ikutan Jadi #CitizenJurnalis

Menangkap momen, Merekam peristiwa

@Nursing_Post | Kemajuan jaman membuat berbagai macam peluang kian terbuka. Arus informasi tersebar begitu cepatnya. Hal ini sejalan dengan cepatnya perkembangan teknologi informasi. Gadget aneka macam terus bermunculan dengan berbagai macam model dan fiturnya. Ditambah lagi dengan koneksi internet yang kian murah dan mudah.

Hampir tiap orang dari kalangan ekonomi atas sampai bawah sudah memiliki yang namanya handphone. Dengan harga handphone yang murah, saat ini kita sudah bisa memiliki handphone yang dilengkapi dengan berbagai macam fitur, termasuk fitur untuk berselancar di dunia maya.

Ditengah kemudahan-kemudahan tersebut, sudahkah kita mengambil manfaat yang lebih? Tidak sekedar manfaat untuk browsing, fesbuk-an, twitter-an atau instagram-an saja, tapi manfaat-manfaat agar bisa berbagi informasi melalui dunia citizen jurnalis. 

Kecanggihan teknologi smartphone dan mudahnya akses internet saat ini memungkinkan setiap kita untuk menjadi pelaku citizen jurnalis. Netizen, begitu pelaku citizen jurnalis biasa disebut.


Netizen bisa mengunggah berbagai macam informasi terkini melalui media sosial. Bisa dalam bentuk artikel, gambar atau video. Yang terpenting adalah apa yang kita publikasikan benar-benar informasi yang benar dan dapat dipertanggungjawabkan.

Trus, mungkin anda bertanya, apakah dengan berbagi informasi tersebut ada untungnya buat kita? Yap, tentu ada! 

Tidak hanya manfaat luasnya informasi yang kita dapat, tapi dengan berjalannya waktu, kita juga mendapatkan luasnya network. Tak hanya itu lho, bahkan ada beberapa stasiun TV yang memberikan honorarium apabila karya kita tayang di stasiun TV mereka. 
Bawa selalu alat digitalmu untuk menangkap momen disetiap waktu

Trus, kemana kita bisa menuangkan karya-karya citizen jurnalis? Banyak sarana untuk berbagi. 

Bagi yang gemar tulis menulis, bisa menuangkan ide-idenya ke blog-blog citizen jurnalis seperti Kompasiana, Blogdetik, Indonesiana, Detik Travel, Citizen6 dan masih banyak lagi. 

Bagi yang gemar mengambil video atau merekam momen, bisa ikutan di NetCJ NetTV dan Wideshot MetroTV.

Bagi yang gemar mengambil gambar, bisa mengupload hasil jepretannya di instagram, facebook, twitter, path, tumblr, dan media sosial lainnya. Bukan tidak mungkin hasil jepretan kita akan menghasilkan uang. Tsu salah satunya. Seperti dirilis di website Tsu, bahwa Tsu membagikan 90% keuntungan yang didapat dari media sosialnya kepada membernya. 
"Tsū is a free social network and payment platform that shares up to 90% of revenues with its users"

Selamat menikmati indahnya berbagi dengan karya-karya citizen jurnalis. Jangan ragu untuk memulai, siapkan handphonemu, koneksikan ke internet, tangkap momennya, catat kisahnya, rekam peristiwanya dan bagikan untuk sesama (@sugengbralink)



Dukhan, 5 Februari 2015

No comments:

Post a Comment

Thanks for reading this blog!