Friday, February 6, 2015

Tips #CitizenJournalist #NET10: Penulisan Naskah

@Nursing_Post | Melalui tulisan kali ini, saya akan mencoba menuangkan tips citizen jurnalis yang ditampilkan NET TV tiap hari selasa. Menuliskan tips-tips jitu agar bisa menjadi Netizen handal. 

Menulis berita itu berbeda dengan menulis sebuah cerpen atau karangan. Menulis berita haruslah aktual, informatif dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Untuk itu unsur 5W 1H perlu dilengkapi. What, Who, Where, When, Why dan How. 



1. What: berkaitan dengan unsur apa yang dilakukan oleh obyek berita atau apa yang terjadi pada peristiwa yang diangkat. 


2. Who: penjelasan mengenai obyek utama berita. Unsur ini meliputi tokoh yang diliput, siapa dia, apa pekerjaannya, apa relevansinya dengan berita yang diangkat. 

3. Where: keterangan tempat sangat diperlukan dalam membuat berita. Keterangan tempat harus spesifik dan tidak boleh salah. 

4. When: menjelaskan kapan peristiwa itu terjadi. Keterangan waktu dapat menjadi aktualisasi sebuah berita. 

5. Why: menjelaskan alasan atau motif peristiwa yang terjadi, kenapa peristiwa itu berlangsung, dan kenapa hal itu bisa terjadi. 

6. How: menjelaskan secara mendetail tentang peristiwa atau isu yang diangkat. 

5W dan 1H adalah rumusan yang wajib dipersiapkan sebelum melakukan liputan peristiwa. Setelah semua unsur disiapkan, maka anda sudah siap melakukan liputan. Selamat menikmati dunia citizen jurnalis. (@sugengbralink)

Dukhan, 6 Februari 2015 13:50PM #khuffB


No comments:

Post a Comment

Thanks for reading this blog!