Friday, January 30, 2015

Fresh Graduate, Bingung Mau Kemana?

@Nursing_Post | Senang rasanya ketika diwisuda. Ada perasaan yang seolah susah untuk diungkapkan. Bertahun lamanya berkutat dengan buku dan aneka macam praktik, kini tiba saatnya lompat tinggi dan melempar toga. Ohh senangnya!

Tapi perasaan senang dan gembira ternyata tak begitu lama. Lulusan-lulusan baru pendidikan keperawatan mesti memutar otak untuk mencari tambatan baru selepas wisuda. Tambatan baru untuk bekerja. Mempraktikan ilmu yang selama dipelajari. Mengabdi ke masyarakat dan mendapatkan upah sesuai jerih payah.

Cari kerja untuk fresh graduate tak gampang. Yang pengalaman saja kian susah.

Persaingan semakin ketat. Apalagi dengan lulusan baru keperawatan. Jumlahnya kian tahun kian membludak, membuat lapangan kerja tak sanggup menampungnya.


Trus....Mau kemana sekarang?
Jadi pengangguran?

Rasanya tak mudah. Orangtua sudah berkorban selama ini membiayai. Beruntung jika orangtua termasuk berada. Gimana dengan yang pas pasan. Sudah biaya kuliah keperawatan selangit. Begitu lulus malah nganggur, apa kata dunia?!

Itulah realita. Lulusan keperawatan harus cerdas. Bukan hanya di keperawatan saja sih.

Yang baik biasanya akan kepilih. So, jika anda ingin nggak susah selepas kuliah. Belajarlah sekuat tenaga semasa kuliah. Jadilah yang terbaik yang kamu bisa.

Jangan berpikiran bahwa masa kuliah itu masanya bebas. Masanya bersenang senang. Wah! celaka kalo itu yang ada.

Kuliah itu saatnya belajar. Menggali ilmu sebanyak banyaknya. Berusaha menjadi yang terbaik, syukur bisa dapat beasiswa dan kuliah lagi. Atau mungkin ditawari jadi dosen, atau mungkin ditawari kerja.

Memang sesuatu yang nggak mungkin seisi kelas menjadi terbaik semua. Trus jikalau anda sudah lulus dan nggak jadi yang terbaik, mau apa sekarang? Jangan khawatir.

Nggak the best saat lulus bukanlah awal kehancuran. Semua sudah punya rejeki masing-masing. Yang terpenting adalah upaya kita sebagai manusia untuk merubah diri.

Fresh graduate terkadang dipandang sebelah mata. Dianggap belum cakap kerja. Padahal nggak semua lho. Oleh karena itu sebagai fresh graduate kita harus tunjukkan bahwa kita punya kemauan yang kuat untuk belajar.

Tunjukkan bahwa sebagai fresh graduate juga tak kalah gesit dengan yang sudah berpengalaman. Tunjukkan bahwa fresh graduate itu energik, pembelajar yang cepat, disiplin, jujur dan mau bekerja secara team maupun personal.

Good Luck!

Dukhan, 30 Januari 2015
@sugengbralink

No comments:

Post a Comment

Thanks for reading this blog!