@Nursing_Post | Dalam proses rekrutmen karyawan, wawancara merupakan
bagian proses yang sangat penting. Wawancara akan menjadi sarana user
mengetahui secara langsung kemampuan calon karyawan. Tiga hal utama yang dikaji
oleh pewawancara adalah Sikap (Attitude), Pengetahuan (Knowledge)
dan Ketrampilan (Skills).
Wawancara kerja akan memakan waktu berkisar 10-15 menit.
Walaupun ini bukan standar baku, tapi kisaran waktunya sekitar itu. Semakin
lancar anda bisa menjawab pertanyaan pewawancara, maka akan semakin waktu
wawancara yang ditempuh.
Tips berikut merupakan pengalaman pribadi dari beberapa kali
menjalani test wawancara. Beberapa hal yang bisa menjadikan test wawancara bisa
sukses diantaranya:
1.
Datang tepat waktu
Ketika user
sudah menjadwalkan wawancara pada hari, tanggal dan jam tertentu, maka kandidat harus mencatatnya dengan baik.
Saat hari H wawancara, kandidat harus datang
sebelum jam yang dijadwalkan. Hal ini akan memberikan kesempatan bagi kandidat untuk mempersiapkan diri lebih
baik. Yang namanya perjalanan, punya resiko macet
atau terlambat, maka akan lebih baik jika saat hari wawancara untuk datang
lebih awal dari perkiraan waktu
tempuh di hari-hari yang lain.
2.
Sholat dan berdo’a
Jika anda seorang muslim yang taat,
dirikanlah sholat sunnah dua raka’at sebelum berangkat ke tempat wawancara.
Berdoalah kepada Alloh agar diberikan ketenangan dan kemudahan dalam menjawab
pertanyaan-pertanyaan pewawancara. Manusia sebatas berusaha, Alloh lah yang
menentukan.
3.
Berpenampilan
rapi dan menarik
Kesan pertama begitu menggoda,
selanjutnya terserah anda. Anda tentu sangat familiar dengan kalimat iklan
tersebut. Ya! Penampilan yang rapi dan menarik menjadi hal yang penting artinya
dalam wawancara kerja. Pewawancara bisa jadi akan terkesima dengan penampilan
kita. Dari kesan yang menarik itu akan menjadikan proses wawancara berlangsung
lancar. Tidak bisa dibayangkan jikalau penampilan kandidat acak-acakan, bisa
jadi pewawancara akan malas melakukan wawancara./o:p>
admissionado.com |
4.
Percaya diri
Tampillah percaya diri tapi jangan
over confidence. Jabat tangan dan ucapkan salam ke pewawancara sebelum anda
dipersilahkan duduk.
5.
Bawa dokumen ijazah, surat pengalaman
kerja dan sertifikat-sertifikat pelatihan
Pewawancara mungkin saja menanyakan
atau mengcroscek tentang ijazah, pengalaman kerja dan sertifikat-sertifikat
pelatihan yang kita punya. Jika user yang anda lamar untuk penempatan luar
negeri, pastikan dokumen sudah diterjemahkan ke dalam bahasa inggris oleh
lembaga penterjemah tersumpah.
6.
Bersikap yang baik di tempat duduk
Jaga dengan baik sikap duduk anda.
Sikap kita selama duduk didepan pewawancara juga merupakan faktor penilaian
sikap.
7.
Menjawab pertanyaan pewawancara
dengan baik
Pertanyaan-pertanyaan yang sering
disampaikan oleh pewawancara diantaranya: pewawancara akan meminta kandidat
memperkenalkan diri (data diri, pendidikan dan pengalaman kerja), akan
ditanyakan tentang informasi yang tertera di CV dan hal-hal yang terkait dengan
posisi kerja yang kita lamar. Sebagai contoh, jika posisi kerja yang anda lamar
itu perawat gawat darurat, maka pertanyaan pewawancara seputar penanganan
pasien di ruang gawat darurat. Jika anda mempunyai pengalaman kerja, maka akan
ditanya pengalaman anda tentang penanganan pasien gawat darurat yang pernah
dilakukan. Pewawancara juga akan bertanya tentang berapa banyak gaji yang
diinginkan. Menjawab pertanyaan ini, anda bisa menjawab dengan “tentu
perusahaan sudah mempunyai standar gaji sesuai dengan kualifikasi saya saat
ini, maka saya akan mengikuti aturan tersebut.”
8.
Diberi kesempatan bertanya ke
pewawancara
Setelah sekian banyak pertanyaan
dilontarkan oleh pewawancara, biasanya mereka akan member kesempatan kandididat
bertanya. Anda bisa menanyakan tentang benefit dan lainnya jika anda nantinya
keterima kerja oleh pihak user. Bertanyalah seperlunya, nggak usah
banyak-banyak, ntar pewawancaranya bisa bosen. Usai wawancara, jangan lupa
jabat tangan, ucapkan terima kasih dan berikan salam ke pewawancara.
Demikian tips dan trick menghadapi wawancara
kerja, semoga bermanfaat. Good Luck! (@sugengbralink)
Fahahil Main, 28 Januari 2015
@sugengbralink
@sugengbralink
No comments:
Post a Comment
Thanks for reading this blog!