Wednesday, January 28, 2015

Tips & Tricks Menghadapi Wawancara

@Nursing_Post | Dalam proses rekrutmen karyawan, wawancara merupakan bagian proses yang sangat penting. Wawancara akan menjadi sarana user mengetahui secara langsung kemampuan calon karyawan. Tiga hal utama yang dikaji oleh pewawancara adalah Sikap (Attitude), Pengetahuan (Knowledge) dan Ketrampilan (Skills).

Wawancara kerja akan memakan waktu berkisar 10-15 menit. Walaupun ini bukan standar baku, tapi kisaran waktunya sekitar itu. Semakin lancar anda bisa menjawab pertanyaan pewawancara, maka akan semakin waktu wawancara yang ditempuh.

Tips berikut merupakan pengalaman pribadi dari beberapa kali menjalani test wawancara. Beberapa hal yang bisa menjadikan test wawancara bisa sukses diantaranya:


1.    Datang tepat waktu
            Ketika user sudah menjadwalkan wawancara pada hari, tanggal dan jam tertentu, maka kandidat harus mencatatnya dengan baik. Saat hari H wawancara, kandidat harus datang sebelum jam yang dijadwalkan. Hal ini akan memberikan kesempatan bagi kandidat untuk mempersiapkan diri lebih baik. Yang namanya perjalanan, punya resiko macet atau terlambat, maka akan lebih baik jika saat hari wawancara untuk datang lebih awal dari perkiraan waktu tempuh di hari-hari yang lain.


2.    Sholat dan berdo’a
Jika anda seorang muslim yang taat, dirikanlah sholat sunnah dua raka’at sebelum berangkat ke tempat wawancara. Berdoalah kepada Alloh agar diberikan ketenangan dan kemudahan dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan pewawancara. Manusia sebatas berusaha, Alloh lah yang menentukan.

3.     Berpenampilan rapi dan menarik
Kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah anda. Anda tentu sangat familiar dengan kalimat iklan tersebut. Ya! Penampilan yang rapi dan menarik menjadi hal yang penting artinya dalam wawancara kerja. Pewawancara bisa jadi akan terkesima dengan penampilan kita. Dari kesan yang menarik itu akan menjadikan proses wawancara berlangsung lancar. Tidak bisa dibayangkan jikalau penampilan kandidat acak-acakan, bisa jadi pewawancara akan malas melakukan wawancara./o:p>


admissionado.com

4.    Percaya diri
Tampillah percaya diri tapi jangan over confidence. Jabat tangan dan ucapkan salam ke pewawancara sebelum anda dipersilahkan duduk.


5.    Bawa dokumen ijazah, surat pengalaman kerja dan sertifikat-sertifikat pelatihan
Pewawancara mungkin saja menanyakan atau mengcroscek tentang ijazah, pengalaman kerja dan sertifikat-sertifikat pelatihan yang kita punya. Jika user yang anda lamar untuk penempatan luar negeri, pastikan dokumen sudah diterjemahkan ke dalam bahasa inggris oleh lembaga penterjemah tersumpah.

6.    Bersikap yang baik di tempat duduk
Jaga dengan baik sikap duduk anda. Sikap kita selama duduk didepan pewawancara juga merupakan faktor penilaian sikap.

7.    Menjawab pertanyaan pewawancara dengan baik
Pertanyaan-pertanyaan yang sering disampaikan oleh pewawancara diantaranya: pewawancara akan meminta kandidat memperkenalkan diri (data diri, pendidikan dan pengalaman kerja), akan ditanyakan tentang informasi yang tertera di CV dan hal-hal yang terkait dengan posisi kerja yang kita lamar. Sebagai contoh, jika posisi kerja yang anda lamar itu perawat gawat darurat, maka pertanyaan pewawancara seputar penanganan pasien di ruang gawat darurat. Jika anda mempunyai pengalaman kerja, maka akan ditanya pengalaman anda tentang penanganan pasien gawat darurat yang pernah dilakukan. Pewawancara juga akan bertanya tentang berapa banyak gaji yang diinginkan. Menjawab pertanyaan ini, anda bisa menjawab dengan “tentu perusahaan sudah mempunyai standar gaji sesuai dengan kualifikasi saya saat ini, maka saya akan mengikuti aturan tersebut.”

8.    Diberi kesempatan bertanya ke pewawancara

Setelah sekian banyak pertanyaan dilontarkan oleh pewawancara, biasanya mereka akan member kesempatan kandididat bertanya. Anda bisa menanyakan tentang benefit dan lainnya jika anda nantinya keterima kerja oleh pihak user. Bertanyalah seperlunya, nggak usah banyak-banyak, ntar pewawancaranya bisa bosen. Usai wawancara, jangan lupa jabat tangan, ucapkan terima kasih dan berikan salam ke pewawancara.

Demikian tips dan trick menghadapi wawancara kerja, semoga bermanfaat. Good Luck! (@sugengbralink)

Fahahil Main, 28 Januari 2015
@sugengbralink

No comments:

Post a Comment

Thanks for reading this blog!