Wednesday, January 28, 2015

Tips Menulis CV atau Daftar Riwayat Hidup


@Nursing_Post | Bagi anda yang baru lulus kuliah terkadang masih dibuat bingung tentang bagaimana menulis Curriculum Vitae (CV) yang bagus. Maklum sajalah, karena selama masa perkuliahan tidak pernah diajarkan barangkali. Kalaupun pernah mungkin hanya sekilas. 

Saya akan mencoba berbagi tips sesuai pengalaman saya sendiri. Ada beberapa hal penting yang perlu tercantum dalam CV. Kenapa mesti begitu? karena CV merupakan hal pertama yang akan menentukan proses perekrutan kandidat berlanjut atau tidak. Bagaimana mungkin kita mendapatkan kesempatan test tulis dan wawancara, kalau seleksi CV saja nggak lulus.  

1. Ditulis tangan atau diketik 
Hingga hari ini, masih ada orang yang beranggapan bahwa CV harus ditulis tangan. Nggak tau apa alasannya, padahal sudah jamannya komputer yang serba canggih. Tulisan tangan yang jelas, bisa menjadikan CV anda tidak tersortir oleh tim seleksi. 

2. Data diri
Dalam kolom ini tuliskan data diri anda secara lengkap meliputi: nama lengkap, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, agama, alamat rumah/surat menyurat, alamat kontak (email dan nomer telp/hp).

3. Riwayat pendidikan
Kolom ini berisi riwayat pendidikan, dimulai dari pendidikan paling terkini kemudian mundur ke belakang. Sertakan nama sekolah/kampus dan tahun kelulusan. Jika ada prestasi khusus misalnya cumlaude, bisa juga dicantumkan.


4. Riwayat pelatihan/seminar/simposium
Cantumkan pelatihan-pelatihan/seminar/simposium yang terkait saja dengan pekerjaan yang anda lamar. Hal ini akan memudahkan pihak selektor dokumen untuk menyeleksi dokumen anda.

5. Riwayat pekerjaan
Tuliskan riwayat pekerjaan terkini di urutan paling atas, selanjutnya pekerjaan yang telah lalu. Sebutkan nama perusahaan/tempat berkerja, posisi, sejak kapan sampai kapan.

6. Penghargaan atau prestasi khusus
Kolom ini memuat hal-hal yang terkait penghargaan atau prestasi yang pernah diraih terkait pekerjaan yang dilamar. Bisa juga prestasi di bidang olahraga atau skills khusus, hal ini bisa menjadi nilai plus atau bahan pertimbangan pihak user untuk memilih anda menjadi bagian dari mereka.

7. Foto terkini
Oh ya, ada yang lupa. Cantumkan foto terkini anda. Sertakan foto berwarna ukuran paspor atau 4 * 6 cm. Taruh di pojok kanan atas atau kiri atas halaman pertama CV anda. Tim seleksi akan mudah mengenali anda begitu pertama kali membuka CV anda.  

Demikian tips dari saya tentang cara menulis CV atau daftar riwayat hidup. Penulisan CV yang bagus menjadi modal utama menuju keberhasilan anda diterima kerja.

Fahahil Main, 29 Januari 2015
@sugengbralink




No comments:

Post a Comment

Thanks for reading this blog!